Sabar adalah bahan ramuan paling menyehatkan dalam hidup kita

Gambar
  Nasihat Umar bin Khattab “Sabar adalah bahan ramuan paling menyehatkan dalam hidup kita”. (Umar bin Khattab) Umar bin Khattab r.a.   adalah Khalifah kedua setelah khalifah Abu Bakar r.a. adalah salah satu sahabat Nabi sebagai sumber inspirasi dan ilmu bagi banyak orang, Umar bin Khattab r.a.,   memiliki potret keteladanan yang luar biasa dalam hal kepemimpinan maupun kepribadiannya.   Banyak keteladanan yang dapat kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Janganlah Engkau Tanamkan Kedalam Hati Perasaan Dengki



Janganlah Engkau Tanamkan Kedalam Hati Perasaan Dengki, Allah SWT berfirman dalam Alquran yaitu:

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Hasyr : 10)

Janganlah Engkau Tanamkan Kedalam Hati Perasaan Dengki

Tafsir Quran Surat Al-Hasyr Ayat 10. Orang-orang beriman yang datang sesudah kaum Muhajirin dan Anshar angkatan pertama berkata, “Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami. Ampunilah saudara-saudara kami seagama yang telah mendahului kami dalam beriman, dan jangan menjadikan di dalam hati kami hasad dan dengki kepada seorang pun dari orang-orang beriman. 

Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkau memberi rahmati hamba-hambaMu dengan rahmat yang luas di dunia dan akhirat. Dalam ayat ini terkandung dalil yang menunjukkan bahwa hendaklah setiap Muslim memuji para pendahulunya dengan kebaikan, mendoakan mereka, mencintai para sahabat Rasulullah, memuji mereka dan mendoakan semoga Allah meridhai mereka.

Referensi: Thequran_path

Penulis Feby Kurniawati Rejeki

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Allah Lebih Mencintaimu